Di zaman Belanda perawat didesain sebagai pembantu dokter,tapi di era  sekarang profesi keperawatan merupakan profesi yang  sejajar dengan profesi dokter,  apoteker,  dan lain – lain dan mandiri sebagai profesi karena mempunyai otonomi dalam kewenangan dan tanggungjawab dalam tindakan.  Bahkan bisa dikatakan perawat memiliki peran yang sangat besar dalam menyehatkan masyarakat.

Di rumah sakit perawat merupakan sumber daya terbesar yang dibutuhkan dari level bawah hingga level manajer. Setiap level memilki kompetensi ketrampilan dan keahlian yang berbeda sehingga setiap orang yang memiliki skill standar sedang maupun tinggi bisa menjadi perawat berdasarkan kemampuannya. Berbeda dengan dokter yang menuntut skill tinggi, biaya besar dan waktu pendidikan yang lama.

Kiprah perawat juga tidak harus di rumah sakit tapi bisa juga di lembaga keuangan, pariwisata, perhubungan maupun perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan kesehatan. Dan tentu perawat bisa membuka usaha praktik klinik sendiri.

Perawat memberi penghasilan besar

Jika cuma berorientasi jadi perawat honorer di puskesmas atau rumah sakit kecil, ya pastilah honor tak memadai atau di rumah sakit besar swasta standar UMR dah pasti.

Dunia keperawatan begitu luas dan memberikan kesempatan yang besar bagi siapapun perawat yang ingin mengembangkan kemampuan dan kariernya hingga setinggi-tingginya. Pendidikan keperawatan bisa ditempuh hingga S3. Dan pasti seiring dengan peran dan karier yang meningkat pendapatan juga meningkat. Sering ke luar negeri, pembicara seminar,  peneliti,  pengusaha,  bukanlah hal aneh dijalani oleh seorang perawat profesional.  Bahkan dengan kemampuannya yang universal,  dalam keadaan darurat perawat diperbolehkan melakukan tindakan pengobatan yang menjadi tanggung jawab dokter. Tak heran di daerah pelosok ada disebut mantri. Di AS perawat berpenghasilan rata-rata USD 74.250/th apabila dirupiahkan kisaran 1 milyaran pertahun. Di Indonesia walaupun rata-rata gaji pokok masih kisaran 4 – 7 juta/bln (belum termasuk lain-lain) bukan berarti tidak ada ruang profesi keperawatan yang menawarkan jauh lebih besar. Beberapa diantaranya :

  1. Bidang EVAKUASI medic dan layanan ESCORted NURSE
  2. Perawat SITE atau Tambang
  3. Clinical Field di perusahaan alat kesehatan atau alat medis
  4. Perawat luar negeri
  5. Perawat di HOTEL dan RESORT
  6. Perawat di Rumah Sakit dengan kategory perawat homecare, haemodalisa, kepala ruangan, VIP dan di lingkut Cathlab Departement.